Jumat 22 Jan 2021 09:09 WIB

China Luncurkan Prototipe Baru Kereta Levitasi Magnetik

Kereta bisa melaju dengan kecepatan 620 kilometer per jam.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
China Luncurkan Prototipe Baru Kereta Levitasi Magnetik. Miniatur kereta cepat diperlihatkan dalam pameran
Foto:

Pihak pengembang yakin kereta tersebut dapat digunakan dalam waktu tiga atau empat tahun. Saat ini, kereta maglev tercepat di dunia adalah Shanghai Maglev, yang beroperasi dari bandara di Kota Pudong ke Stasiun Jalan Longyang.

Kecepatan tertinggi kereta tersebut mencapai 431 kilometer per jam. Kereta bisa sampai pada kecepatan tersebut kira-kira dalam 30 kilometer, sekitar tujuh menit perjalanan. Teknologi itu membuat China memimpin di bidang kereta cepat.

Ada jalur rel kereta cepat sepanjang 37.900 kilometer di seluruh negeri. Jalur tersebut termasuk untuk rute kereta api jarak jauh tercepat dari Beijing ke Shanghai. Awal bulan silam, China juga meluncurkan kereta berkecepatan tinggi khusus.

Kereta cepat bernama CR400AF-G tersebut dirancang mengatasi suhu yang sangat dingin, yang dapat melakukan perjalanan hingga 350 kilometer per jam dalam suhu rendah minus 40 derajat Celsius.

Kereta yang diluncurkan pada 6 Januari 2021 itu menghubungkan Beijing ke kota-kota di bagian utara China. Salah satu tujuannya adalah Kota Harbin yang terkenal dengan festival es tahunan, dikutip dari laman Traveller.com.

 

Sumber: https://www.traveller.com.au/worlds-fastest-train-china-unveils-620-kmh-maglev-prototype-h1thzl

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement