Rabu 03 Feb 2021 17:18 WIB

20 Ribu Pengungsi Hilang di Tigray Ethiopia

Pengungsi melarikan diri dari tempat penampungan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
20 Ribu Pengungsi Hilang di Tigray Ethiopia. Warga Tigray yang melarikan diri dari konflik di wilayah Tigray Ethiopia, menyalakan api kayu untuk menyiapkan makan malam, di depan tempat penampungan sementara mereka di kamp pengungsi Umm Rakouba di Qadarif, Sudan timur, Senin, 7 Desember 2020.
Foto:

Sejak pertempuran dimulai, ribuan orang tewas dan ratusan ribu lainnya terusir dari rumah mereka. Ada kekurangan makanan, air dan obat-obatan di wilayah yang berpenduduk lebih dari lima juta orang itu.

Grandi meminta pemerintah Ethiopia berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil di wilayah Tigray dari konsekuensi konflik. “Meskipun bukan pada tempat saya untuk membuat [keputusan] yang lebih politis, saya memiliki tanggung jawab memberi tahu pemerintah membantu meminimalkan dan menghilangkan dampak situasi ini terhadap warga sipil,” katanya.

Menurutnya, situasi di Tigray sangat parah dan dukungan mendesak diperlukan untuk mencegah situasi memburuk. “Prioritas utama kami adalah mendapatkan akses untuk memberikan bantuan dan perlindungan," ujarnya.

 

Pemerintahan sementara yang berbasis di Mekelle telah mengklaim kehidupan kembali normal dan pemerintah Abiy mengatakan sedang mengirimkan bantuan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement