Sabtu 06 Feb 2021 09:11 WIB

Masjid di Inggris Raya Bersiap Menyambut Ramadhan Lebih Awal

Tahun ini adalah kali kedua muslim Inggris akan berpuasa di tengah pandemi.

Rep: Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Ramadhan
Foto: Reuters/Nikola Solic
Ilustrasi Ramadhan

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Tahun ini adalah tahun kedua bagi Muslim di Inggris berada dalam situasi pandemi. Namun, lockdown atau pandemi tidak menyurutkan semangat muslim menyambut bulan Ramadhan.

Nusaybah Naeem, editor di Pusat Komunitas dan Masjid Green Lane (GLMCC) Birmingham mengatakan muslim di Inggris akan mempersiapkan Ramadhan lebih awal. Untuk membantu komunitas muslim memanfaatkan Ramadhan sebaik-baiknya meskipun ada tantangan, salah satu masjid terbesar di Inggris meluncurkan kampanye mempersiapkan bulan suci lebih awal, bersama teman dan keluarga.

Baca Juga

“Orang-orang saleh di masa lalu diketahui memulai persiapan Ramadhan enam bulan sebelumnya. Untuk mengikuti jejak mereka, kami juga memulai persiapan kami lebih cepat dari biasanya untuk memastikan bahwa kami siap secara rohani untuk bulan Ramadhan," kata dia dilansir dari Arab News.

Tahun ini, kata Naeem, mereka ingin memastikan umat Islam bisa menjalankan Ramadhan seperti biasanya. Acara berbasis komunitas seperti solat jamaah bersama dan buka puasa setiap hari tidak akan mungkin dilakukan tahun ini. Tetapi, kata Naeem, agama Islam sangat fleksibel.

 

“Virus Corona terus menyebar di kota-kota kami, dan sekali lagi kami harus bersiap untuk menghabiskan Ramadan lagi di dalam rumah kami,” kata Nusaybah Naeem.

 

Pihaknya telah merencanakan lebih dari 20 jenis aktivitas yang nantinya diselenggarakan acara online, termasuk kompetisi untuk anak-anak yang akan membantu mereka memasuki semangat Ramadhan. Dia juga mengatakan, mereka sedang dalam pembicaraan dengan dewan tentang kemungkinan menyambut dengan aman sejumlah jamaah ke masjid.

 

Pekerjaan amal, juga, merupakan aspek fundamental Ramadhan bagi setiap Muslim. Tahun lalu, GLMCC mengatakan mereka mengumpulkan sekitar 960 ribu dolar untuk amal dan menyumbangkan lebih dari 4.000 paket makanan untuk pengungsi Suriah di Lebanon, dan telah memulai persiapan untuk melakukan hal yang sama tahun ini.

 

Naeem menjelaskan bahwa mereka juga mendorong jamaah mereka, dan umat Islam secara umum, untuk memulai persiapan mereka sendiri awal tahun ini. Masjid tersebut juga menyarankan agar orang-orang berpuasa setiap Senin dan Kamis, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad (saw), untuk mempersiapkan diri selama sebulan berpuasa. Serta bagi mereka yang belum melakukannya, biasakan untuk berdoa masing-masing dari lima shalat wajib.

 

“Persiapkan diri menyambut bulan Ramadhan. Mulailah membaca terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda siap secara rohani, dan persiapkan tubuh Anda secara fisik dengan menjaga kesehatan dan berolahraga secara teratur," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement