Selasa 23 Feb 2021 17:45 WIB

10 Ribu Tokoh Lintas Agama akan Divaksin Covid-19

Vaksinasi Covid-10 tokoh lintas agama digelar di Masjid Istiqlal.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
10 Ribu Tokoh Lintas Agama akan Divaksin Covid-19. Petugas kesehatan mendata biksu yang akan menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (23/2/2021). Kementerian Kesehatan menargetkan ada 1.200 pemuka agama dari berbagai agama yang disuntik vaksin sehingga diharapkan bisa menjadi contoh terhadap pengikutnya agar mereka mau divaksin COVID-19.
Foto:

"Ini adalah vaksinasi pertama. Meski sudah divaksin, saya berharap para tokoh agama tetap disiplin dalam protokol kesehatan dan mematuhi 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan interaksi, serta menghindari kerumunan," jelasnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan kagum dan mengapresiasi para tokoh agama. Ia kagum melihat semua pemuka agama datang ke Masjid Istiqlal untuk melaksanakan program vaksinasi. 

"Saya merasakan betapa masjid Islam terbesar di Jakarta membuka diri untuk semua tokoh agama besar lainnya untuk hadir bersama-sama melaksanakan program vaksinasi," kata Menkes.

Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kemenag, Muhammad Fuad Nasar mengatakan, program vaksinasi ini sebagai wujud nyata dari sinergitas antar lembaga negara dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ini adalah wujud dari ikhtiar kolektif dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah cukup lama melanda negeri ini.

"Semoga masyarakat juga turut mendukung program ini secara bersama," kata Fuad usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Masjid Istiqlal.

 

Ia mengatakan, para tokoh lintas agama yang divaksinasi dapat dijadikan contoh dan teladan untuk memberikan sosialisasi pentingnya dilakukan vaksinasi. Terlebih, vaksin ini sudah dinyatakan halal dan aman oleh MUI, BPOM dan BPJPH.

photo
Seorang pemuka agama memperlihatkan surat usai disuntik vaksin di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (23/2). Masjid Istiqlal menjadi lokasi vaksinasi massal Covid-19 bagi ribuan tokoh lintas agama yang akan berlangsung selama dua hari. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement