Kamis 25 Feb 2021 17:34 WIB

Warga Pontianak Diimbau Hemat Gunakan Air PDAM

Kadar klorida atau garam air baku Sungai Kapuas masih bersifat fluktuatif.

Warga Pontianak Diimbau Hemat Gunakan Air PDAM. Sejumlah anak bermain perahu kano di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Ahad (3/1/2021). Wisata Sungai Kapuas tersebut menjadi salah satu destinasi bagi warga setempat untuk menghabiskan libur tahun baru.
Foto:

"Bahkan, pagi hingga siang hari kadar garam mengalami kenaikan terutama pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Sungai Jawi Luar, Gang Kayu Manis sudah mencapai 1.000 ppm," ujarnya.

Sedangkan pada IPA lainnya, masih di bawah ambang batas. IPA Imam Bonjol yakni sekitar 400 ppm, dan IPA Selat Panjang sekitar 400 ppm, termasuk IPA Parit Mayor sekitar 300 ppm.

"Sebagai langkah untuk mengantisipasi jika intrusi air laut kian meningkat, ia sudah mempersiapkan intake Penepat. Uji coba dua pompa juga telah dilakukan dengan kapasitas yang diperoleh sekitar 471 liter per detik. Sementara total kapasitas produksi air PDAM dalam kondisi normal sekitar 2.058 liter per detik," jelasnya.

 

Selain itu, ia juga telah menyelesaikan perbaikan kerusakan pada pipa Penepat sehingga dirinya memastikan intake Penepat siap difungsikan. "Untuk memenuhi kebutuhan air bersih walaupun sifatnya terbatas kami juga mempersiapkan dua reservoir yakni di Perum III dan Boster Wonosobo," kata Ardiansyah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement