Ahad 28 Feb 2021 13:34 WIB

Masjid Al Bidya, Masjid Tertua di UEA Berarsitektur Unik

Masjid Al Bidya memang tampak unik, dengan empat kubah yang tidak beraturan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Al Bidya, Masjid Tertua di UEA Berarsitektur Unik. Masjid tertua di Uni Emirat Arab yang masih digunakan hingga kini. Masjid empat kubah ini diperkirakan dibangun 600 tahun lalu.
Foto:

Masing-masing memiliki ukuran yang berbeda dan terdiri dari beberapa kubah yang dipasang di atas satu sama lain. Kubah tersebut tidak persis bulat tetapi membentuk undakan dalam lapisan melingkar yang diameternya menyusut dalam bentuk tumpukan.

Menurut Bukhash, tidak ada yang bisa memastikan sampai hari ini siapa yang membangun masjid tersebut. Namun, menurut legenda, orang yang membangun Masjid Al Bidya mengatakan kepada warga kota dia mampu membangun masjid yang memiliki empat kubah dan hanya satu tiang.

"Mereka meragukannya, jadi dia menerima tantangan itu dan mencapai apa yang dia ingin lakukan," ujarnya.

Sementara itu, kapan waktu pembangunan masjid itu tidak diketahui pasti. Namun, Departemen Arkeologi dan Warisan Fujairah bekerja sama dengan Universitas Sydney menyimpulkan masjid itu diyakini dibangun pada 1446 M.

Akan tetapi, tanggal permulaan baru diberikan untuk Masjid Al Bidya pada 2017, ketika Putra Mahkota Fujairah Sheikh Mohammad Bin Hamad Bin Mohammad Al Sharqi, menugaskan penelitian untuk menyelidiki masjid ini lebih lanjut. Penelitian yang dilakukan mengklaim masjid tersebut memiliki kerangka waktu yang lebih mungkin dari tahun 1599, 150 tahun lebih muda dari tanggal awal yang diberikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement