Rabu 03 Mar 2021 20:34 WIB

Pendakwah Dituntut Mampu Manfaatkan Media Sosial 

Pendakwah mengalami seleksi alamiah di dunia maya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pendakwah Dituntut Mampu Manfaatkan Media Sosial 
Foto:

"Untuk itu, para dai yang mau terjun ke dalam dakwah digital, diharapkan memiliki pengetahuan dakwah model apa yang disenangi masyarakat dan juga (memiliki) support (dukungan) tim IT yang memadai," ujarnya.

Kiai Zubaidi mengatakan, saat ini kecenderungan masyarakat lebih senang video pendek yang berdurasi tidak lebih dari lima menit. Masyarakat juga senang dengan konten keagamaan yang mudah dicerna dan mudah diamalkan.

Sebelumnya, Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin mengingatkan agar pola dakwah dan pendidikan masa kini menyesuaikan perkembangan teknologi informasi. Kiai Ma'ruf berpesan demikian agar dakwah wasathiyah yang dijalankan organisasi keagamaan terus dipertahankan dan diperkuat sejalan dengan pengembangan dan dinamika masyarakat.

"Di era teknologi digital ini, dakwah dan pendidikan harus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini bukanlah suatu pilihan tapi sudah menjadi keharusan, karena sudah menjadi bagian dari kebutuhan dasar masyarakat," kata Kiai Ma'ruf saat menghadiri peringatan hari jadi Nahdlatul Wathan ke-68 secara virtual, Senin (1/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement