Jumat 19 Mar 2021 05:15 WIB

Kenaikan Ongkos Haji Turunkan Minat Muslim India

Minat haji Muslim India turun 77 persen.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Kenaikan Ongkos Haji Turunkan Minat Muslim India
Foto:

Ongkos haji mengalami kenaikan pada beberapa item. Misalnya, biaya akomodasi naik sekitar 2,25 kali lipat untuk menanggapi perubahan kriteria yang diharapkan dari 4 meter persegi per jemaah menjadi 9 meter persegi.

Kemudian faktor lain yang menyebabkan kenaikan biaya haji adalah kenaikan PPN Arab Saudi dari 5 persen menjadi 15 persen, biaya visa sebesar 300 riyal (Rp 1,1 juta) per jamaah yang sebelumnya tidak dikenakan biaya. Transportasi bus jamaah juga mengalami kenaikan akibat batasan, biasanya satu bus bisa mengangkut hingga 45 orang namun karena pembatasan sehingga hanya diizinkan mengangkut 15 orang jamaah.

“Termasuk aturan usia 18 hingga 65 tahun, kami akan mengikuti aturan apapun yang ditetapkan Saudi,” kata Ahmed Khan.

Pedoman Komite Haji juga mengatakan bahwa akan ada titik embarkasi yang dipilih, dikurangi dari 21 menjadi 10 titik tempat jamaah dapat naik penerbangan mereka, dengan ukuran bagasi standar. Dr Ahmed Khan menambahkan, bahwa pedoman ini akan berubah setelah Komite Haji India menerima protokol terbaru dari otoritas Saudi untuk aturan Haji di tahun ini.

Agen perjalanan swasta CEO Al-Khalid Tours & Travels Mumbai, Yusuf Ahmed Kherada mengatakan, banyak orang yang terdampak dari segi ekonomi akibat pandemi covid-19 ini. Sebagian lagi ujarnya, masih waspada dan khawatir terhadap penyebaran Covid-19 ditambah lagi ongkos perjalanan haji yang semakin meningkat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement