Rabu 07 Apr 2021 17:55 WIB

Masjid As Salafiyah Simbol Perjuangan Pangeran Jayakarta

Masjid As Salafiyah dibangun untuk menyebarkan dakwah Islam dan melawan penjajah.

 Suasana kesibukan umat Islam pada bulan suci Ramadhan di Masjid As Salafiyah atau biasa disebut juga dengan Masjid Pangeran Jayakarta, Jalan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Senin (30/7). (Aditya Pradana Putra/Republika)

Dilansir dari Buku Masjid-Masjid Bersejarah di Indonesia, tujuan dibangunnya masjid ini adalah menyebarkan dakwah Islam sekaligus menggalang kekuatan guna menghadapi penjajah di Sunda Kelapa.

Di masjid ini pula, Pangeran Jayakarta dan keluarganya di makamkan. Lokasi makam persis di samping masjid. Sementara pada bagian belakang, terdapat makam keturunan Pangeran Jayakarta. Hingga saat ini, kompleks makam tersebut diperuntukan untuk keturunan Pangeran Jayakarta.

photo
Suasana kesibukan umat Islam pada bulan suci Ramadhan di Masjid As Salafiyah atau biasa disebut juga dengan Masjid Pangeran Jayakarta, Jalan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Senin (30/7). (Aditya Pradana Putra/Republika) - ()

Selain makam, masjid ini diceritakan terdapat benda pusaka di antaranya sebuah tasbih dan gobang. Menurut cerita, tasbih itu dibuat dari mata uang VOC yang dilubangi pada bagian tengahnya. Namun, kedua benda tersebut menurut riwayat hilang.

Yang menjadi ciri khas bangunan masjid ini adalah empat pilar masjid yang dibuat dari kayu jati asli. Empat pilar ini menyangga menara atas dengan bagian utama masjid. Selain itu, pada menara juga terdapat keunikan berupa ukiran huruf arab yang berbentuk sarang tawon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement