Sabtu 10 Apr 2021 10:14 WIB

Kisah Umroh yang Tertunda

Setahun setelah perjanjian Hudaibiyah, umat Islam akhirnya memiliki kesempatan umroh.

rombongan umrah (Ilustrasi)
Foto:

Rencana kedatangan umat Islam untuk umrah sudah diketahui sebelumnya oleh kaum musrik Makkah. Mereka lalu mengeluarkan desas-desus yang intinya menyatakan, umat Islam membawa penyakit dari Madinah.

Mendengar itu, Rasulullah memberikan perintah kepada rombongan untuk memperlihatkan kekuatan mereka. Umat Islam berjalan cepat sebanyak tiga putaran. Rasulullah juga memerintahkan membuka bahu sebelah kanan dan menyelendangkan kedua ujung selendang ke bagian kiri. Rasulullah pun berdoa "Ya Allah, berikanlah rahmat kepada orang-orang yang hari ini telah memperlihatkan kemampuan dirinya."  (HR Bukhari dan Muslim).

Kemudian beliau menyentuh sudut Hajar Aswad (batu hitam) dan berlari-lari kecil (thawaf) yang diikuti para sahabat dan kaum Muslimin yang lain. Pada saat bersamaan, pihak Quraisy menyaksikan semua itu dari atas bukit Abu Qubais. Pemandangan ini sangat mempesonakan mereka. Tadinya orang bicara tentang Rasulullah dan para sahabatnya, bahwa mereka berada dalam kesulitan dan kepayahan. Tetapi apa yang mereka saksikan kini ternyata menghapus segala anggapan tentang kelemahan beliau.

Selesai berthawaf mengelilingi Ka'bah, Rasulullah memimpin mereka berpindah ke bukit Shafa dan Marwa yang dilalui dari atas kendaraannya sebanyak tujuh kali, seperti halnya orang Arab dahulu. Kemudian mereka menyembelih ternak kurban dan bercukur. Dengan demikian selesailah ibadah umrah tersebut.

Keesokan harinya Rasulullah memasuki Ka'bah dan tinggal di sana hingga waktu Zhuhur. Pada waktu itu berhala-berhala masih banyak memenuhi tempat itu. Meskipun begitu, Bilal naik ke atap Ka'bah lalu menyerukan adzan shalat Zhuhur.   Kemudian Rasulullah bertindak sebagai imam, memimpin shalat 2.000 kaum Muslimin di Rumah Suci itu. Selama tujuh tahun sebelumnya, mereka terhalang melakukan shalat di tempat itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement