Rabu 14 Apr 2021 19:14 WIB

Desa Saudi Ini Terletak di Atas Kawah Gunung Berapi

Warga desa tinggal di atas kawah sejak berabad-abad lalu hingga 1983.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Desa Saudi Ini Terletak di Atas Kawah Gunung Berapi. Pada 1983, penduduk desa Tabah di sebelah timur Hail menyadari mereka telah tinggal di desa di atas sebuah kawah gunung berapi selama berabad-abad. Desa tersebut terletak di Pegunungan Salma di Arab Saudi bagian utara.
Foto:

Ia mengatakan, meskipun mereka merasakan getaran dan melihat sedikit retakan di sana-sini, tidak ada yang peduli, dan penduduk desa tidak merasa terganggu. Namun, menurutnya, pindah ke apa yang dia sebut sebagai "Tabah baru" adalah sesuatu yang sangat mendesak setelah beberapa rumah rusak di desa yang saat itu berpenduduk 1.500 orang.

"Dulu perusahaan aspal mengonsumsi air bawah tanah dalam jumlah besar, yang membuat Tabah terkenal, dan dulu penduduknya menjual air ke perusahaan itu," ujarnya.

Al-Hasher mengatakan, dia dan orang lain yang ada pada masa itu masih mengingat suara mengerikan yang terpancar dari tanah. Ia menceritakan, semua orang merasakan kekuatan dan intensitas gempa yang menyebabkan penurunan tanah.

"Rumah-rumah yang retak itu masih ada," katanya.

Al-Hasher mengatakan, pemerintah Saudi melakukan intervensi tepat waktu, dan lembaganya bertindak cepat serta memeriksa 250 rumah yang rusak. Pemerintah kemudian memutuskan memindahkan semua warga ke pemukiman lain sekitar tiga kilometer dari Tabah lama dan di luar zona vulkanik.

Hamad Al-Mawkaa, seorang pria berusia 57 tahun yang tinggal di Tabah, mengatakan kepada Arab News desa tersebut mulai mengalami retakan besar lebih dari tiga dekade lalu. Ia mengatakan, situasi semakin parah ketika air bawah tanah, yang sebelumnya hanya dikonsumsi warga desa dalam jumlah kecil untuk minum dan irigasi, habis akibat proyek tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement