Jumat 23 Apr 2021 13:55 WIB

China dan Korut Kembali Buka Layanan Kereta Kargo

Sebelumnya kereta kargo berhenti beroperasi akibat penutupan perbatasan China-Korut

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Hubungan Korea Utara dan China. China akan kembali membuka layanan kereta kargo dengan Korea Utara (Korut).
Foto:

Korea Utara menutup perbatasannya pada Januari 2020,  setelah virus corona menyebar di kota Wuhan, China. Korea Utara bergantung pada China untuk  minyak, pupuk, dan suku cadang mekanis agar tetap bertahan di tengah sanksi PBB atas program nuklir dan misilnya. China menyumbang lebih dari 90 persen perdagangan ke Korut.

Awal bulan ini, pemimpin Kim Jong Un meminta warga Korea Utara untuk mempersiapkan situasi krisis lainnya. Hal ini mengacu pada kelaparan tahun 1990-an yang disebabkan krisis ekonomi cukup parah.

"Pidato Kim menunjukkan betapa genting ekonominya sekarang. Ditambah dengan fakta bahwa dia membutuhkan pupuk untuk musim semi, tidak mengherankan bahwa Korut akan membuka kembali perbatasannya sekarang," kata pakar Korea Utara di Pusat Carnegie-Tsinghua di Beijing, Zhao Tong.

Ekspor China ke Korut pada Maret naik ke level tertinggi sebesar 13 juta dolar AS, atau hampir 400 kali lipat pengiriman gabungan Januari-Februari. NK Pro, situs web yang melacak Korut, mengatakan lalu lintas kapal antara kedua negara telah meningkat belum lama ini. Selain itu citra satelit menunjukkan Korea Utara mungkin telah membangun fasilitas disinfektan di bandara dekat perbatasan. 

Pekan lalu, duta besar Rusia untuk Korut mengatakan kepada kantor berita Rusia TASS bahwa, bantuan internasional telah tertahan di gudang-gudang di sisi perbatasan Cina. Meskipun telah ditahan, beberapa bantuan telah berhasil masuk.

Seorang pengemudi truk China mengatakan, dia melakukan dua perjalanan dari Sinuiju tahun lalu. Dia meninggalkan truknya di sisi Korea Utara dan segera dibawa kembali melintasi jembatan ke Dandong untuk menjalani karantina selama 14 hari.

"Ini uang yang bagus, 10.000 yuan per perjalanan, tetapi karantina membuat saya menangis, jadi saya tidak ingin melakukan perjalanan lagi," kata pengemudi truk itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement