Rabu 28 Apr 2021 22:10 WIB

Wapres Ingin Konversi Bank Syariah Diperluas Hingga BPD

Konversi berbagai BPD terutama yang besar menjadi bank syariah harus dapat diwujudkan

Rep: Fauziyah Mursyid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Ma
Foto:

Sebelumnya, saat menerima audiensi PT Bank Riau Kepri, Wapres juga mendorong sejumlah Bank Pembangunan Daerah (BPD) melakukan konversi menjadi Bank Umum Syariah (BUS). Wapres meyakini, semakin banyak BPD yang konversi menjadi BUS, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam negeri semakin besar.

"Saya mendorong supaya unit syariah di BPD-BPD itu menjadi BUS. Dengan demikian, maka pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini akan semakin besar, pangsa pasarnya juga besar," kata Ma'ruf saat menerima Dewan Direksi PT Bank Riau Kepri melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (21/4).

Sebab, kata Ma'ruf, salah satu pendorong berkembangnya ekonomi dan keuangan syariah, yakni industri perbankan syariah. Ia mengatakan, dengan semakin banyak BPD yang konversi ke syariah maka akan meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah di masyarakat yang masih rendah.

"Karena itu, peran perbankan syariah baik bank umum syariah atau BPD yang sebagian sudah mulai menjadi BUS, dan pangsa pasar kita juga harusnya naik," kata Ma'ruf.

Karena itu, Wapres berharap BPD mulai beralih konversi ke syariah. "Kita masih berharap bank bank BPD seperti Sumatera Barat, Jawa Barat, bahkan juga Jawa Timur untuk dikonversi 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement