Ahad 02 May 2021 23:50 WIB

Unej Luncurkan Halal Center

Halal Center akan dijadikan pusat kajian ekonomi syariah.

Universitas Jember
Foto:

"Jadi peternak kami ajari bagaimana proses transaksi jual beli sapi yang halal. Bagaimana ijab kabulnya. Bagaimana proses penyembelihan sapi yang halal sesuai dengan standar juleha (juru sembeli halal)," katanya.

Ia mengatakan ke depan Halal Center Unej dapat menjadi salah satu Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) krena keberadaan LPH itu akan sangat membantu UMKM dalam mengajukan sertifikasi kehalalan produk yang mereka jual.

Sesuai dengan Undang-undang No.33 tahun 2014 produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal, padahal saat ini baru ada 3 LPH yang berwenang melakukan pemeriksaan dan akibatnya proses antrian dalam pengajuan sertifikasi halal menjadi sangat lama.

Ia berharap proses pengajuan Unej menjadi salah satu LPH bisa berjalan lebih cepat mengingat seluruh sarana pendukung yang dibutuhkan sudah ada, apalagi Unej sudah memiliki MoU dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal," ucap Ketua Badan Pengembangan Industri Halal MUI Jatim itu.

"Kami juga memiliki 9 auditor halal padahal yang dibutuhkan oleh BPJPH hanya 3 auditor. Saya pikir itu prosesnya bisa lebih cepat mengingat semuanya sudah siap dan supaya bisa segera membantu para pelaku ekonomi khususnya di Jember," kata Ketua Badan Pengembangan Industri Halal MUI Jatim itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement