Selasa 04 May 2021 12:34 WIB

Indonesia Rawan Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Seusai Lebaran

Ancaman lonjakan kasus Corona usai lebaran

Ilustrasi: Suasana buka puasa bersama di Medan, Sumatera Utara.
Foto:

Antisipasi skenario terburuk

Dicky meminta pemerintah segera menyiapkan fasilitas kesehatan dalam menghadapi potensi lonjakan kasus pasca-Lebaran.

Menurut Dicky, amat penting untuk menambah jumlah fasilitas perawatan, menyiapkan stok oksigen yang cukup, hingga mengatur alur rujukan pasien untuk menekan angka kematian akibat Covid-19.

Alur rujukan, kata dia, penting untuk menghindari penumpukan pasien yang bisa membuat pasien terlambat ditangani.

Situasi ini telah terjadi ketika Indonesia mengalami lonjakan kasus pada awal tahun lalu, saat itu sejumlah pasien Covid-19 kesulitan mendapat perawatan dan harus mengantre di Instalasi Gawat Darurat akibat rumah sakit penuh.

“Mekanisme rujukan kalau tidak dibangun dengan baik akan menimbulkan kekacauan, akan terjadi penumpukan, orang akan cenderung terlambat dan ini yang meningkatkan potensi kematian,” jelas dia.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan menyatakan telah mempersiapkan fasilitas kesehatan setelah munculnya indikasi kenaikan kasus pada April ini.

Menurut data Kementerian Kesehatan, tren kematian meningkat hingga 20,72 persen dan tren pasien yang dirawat inap juga meningkat 1,72 persen pada bulan ini setelah sempat melandai pada Maret lalu.

“Pasti kita akan meningkatkan upaya testing, tracing, dan treatment serta kesiapan tempat tidur di rumah sakit,” kata Nadia.

Indonesia sejauh ini telah melaporkan lebih dari 1,68 juta kasus dengan angka kematian mendekati 46 ribu orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement