Rabu 12 May 2021 15:30 WIB

Umat Islam di Enam Desa di Ambon Sudah Rayakan Idul Fitri

Mereka melaksanakan puasa lebih awal yakni pada 22 April 2020.

Masjid Wapauwe
Foto:

Tahun lalu, Desa Tengahtengah dan Wakal juga melaksanakan ibadah puasa awal, yakni pada 22 April 2020, tetapi menunda pelaksanaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang seharusnya dirayakan pada 22 Mei 2020 menjadi 23 Mei 2020.

Modim Masjid Kuno Wapauwe, Yusuf Yahehet yang ditemui usai memimpin Shalat Id di Masjid Hena Lua Desa Kaitetu mengatakan penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal di desanya berpatokan pada kalender falakiah kuno berbahasa Arab yang ada di Masjid Wapauwe.

Metode tersebut kemudian disesuaikan berdasarkan perhitungan hisab secara rukyat, yakni dengan mengamati penampakan bulan sabit di ufuk barat oleh imam dan 12 penghulu Masjid Wapauwe seminggu lebih awal dari tanggal yang tertera di kalender falakiah kuno.

"Biasanya kami menghitung waktu pelaksanaan 1 Ramadhan dan 1 Syawal dari kalender falakiah di Masjid Wapauwe, kemudian selama seminggu mengamati penampakan bulan sabit usai Shalat Subuh, untuk memastikan lagi waktu yang tepat untuk berpuasa dan Lebaran," kata Yusuf Yahehet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement