Ahad 23 May 2021 10:00 WIB

Keberanian dan Ketabahan Warga Gaza Saat di Bom Israel

Warga Gaza meski takut karena Israel membom rumahnya mereka tetap tabah.

Perempuan dan anaknya melintasi puing reruntuhan bangunan di Gaza yang hancur karena serangan bom Israel.
Foto:

Pelarian yang mendesak

Reem Hani (25 tahun), tinggal di lingkungan Shuja'iyya bersama orang tua dan lima saudara kandungnya. Pada 14 Mei, militer Israel mulai menembaki perbatasan timur Kota Gaza sekitar 100 meter.

"Setelah empat jam, penembakan menjadi jauh lebih berat dan lebih dekat, menyerang secara acak ke segala arah," katanya kepada Al Jazeera.

“Dengan gila, kakak laki-laki saya berteriak pada kami agar bergegas dan masuk ke dalam mobil. Kami membawa sekantong barang termasuk semua dokumen kami," kata Reem Hani.

Pada tahun 2014, Israel juga menyerang lingkungan Shuja'iyya dengan jet dan tank, menghancurkan sebagian besar rumah hingga rata dengan tanah.

Saat melarikan diri dengan mobil ayah mereka kali ini, Reem menyaksikan pemandangan yang sama dari enam tahun sebelumnya dengan ratusan orang berlarian di jalanan, beberapa tanpa alas kaki dan membawa anak-anak mereka, semuanya menuju ke barat Jalur Gaza.

Yang lainnya mengendarai sepeda motor, taksi, dan keledai, ledakan terus menerus menerangi kegelapan. “Saya dan keluarga saya selamat pada tahun 2014, tetapi kami tidak menyangka kami akan selamat kali ini karena mereka melancarkan lebih dari 50 serangan udara di sekitar kami saat kami berada di dalam mobil. Saya terus memeluk adik laki-laki saya, menitikkan air mata, dan takut saya akan mati sebelum kami tiba di tempat tujuan, ”kata Reem.

“Saya juga mengirim pesan perpisahan kepada teman-teman dekat saya, meminta mereka untuk tetap mengingat saya dan berdoa setelah saya mati.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement