Ahad 23 May 2021 10:00 WIB

Keberanian dan Ketabahan Warga Gaza Saat di Bom Israel

Warga Gaza meski takut karena Israel membom rumahnya mereka tetap tabah.

Perempuan dan anaknya melintasi puing reruntuhan bangunan di Gaza yang hancur karena serangan bom Israel.
Foto:

Kami semua menjadi target

Maha Saher, 27, yang tinggal di lingkungan al-Zaytoun, adalah ibu dari dua putri - Sara (tahun), dan Rama yang berusia lima bulan. Suaminya adalah seorang jurnalis foto jadi ketika serangan dimulai di Gaza, dia harus meninggalkan keluarganya untuk melakukan pekerjaannya.

“Saya bertanggung jawab penuh untuk melindungi putri saya dari setiap bahaya kecil dalam perang brutal ini jika suami saya tidak ada,” kata Maha.

“Saya mengkhawatirkan suami saya saat dia menyampaikan kebenaran melalui fotonya ke dunia Barat, dan untuk putri saya karena kita semua - anak-anak, wanita, jurnalis, dokter, dan semua warga sipil - menjadi sasaran mereka,” tambahnya.

Pesawat-pesawat tempur Israel membom tiga rumah di jalan al-Wehda Minggu lalu, menghancurkan penduduk di bawah puing-puing, sebuah serangan yang menewaskan 42 warga sipil, kebanyakan anak-anak dan wanita.

“Mereka kemudian menghancurkan jalan itu sendiri untuk mencegah ambulans dan truk pemadam kebakaran mencapai bangunan yang hancur dan orang-orang yang terluka,” kata Maha.

Residents flee as Israeli air, artillery strikes pummel Gaza - Los Angeles  Times

“Saya khawatir mereka akan menargetkan apartemen saya saat kami tidur, seperti yang mereka lakukan dengan pembantaian jalanan al-Wehda. Saya tidak takut mati itu sendiri. Tapi saya takut kehilangan salah satu anak saya - atau mereka kehilangan saya.

” Dia mengatakan dia begadang sepanjang malam melalui serangan itu untuk mengawasi anak-anaknya dan kemudian tidur selama sekitar 30 menit setelah matahari terbit setiap hari. Selama serangan terberat, putrinya Sara menangis tak terkendali, meminta ayahnya untuk pulang.

“Saya menelepon suami saya agar Sara bisa berbicara dengannya. Dia mengatakan kepadanya betapa dia merindukannya dan memintanya untuk datang dan bermain dengannya. Dia diam saja, tidak bisa menjawab, ”kata Maha.

US envoy arrives for talks with Israeli and Palestinian officials | Euronews

"Maha dan keluarga bertahanlah. Tuhan yang maha besar rahman dan rahim yang menjaga kita", tegas sang suami melalui telpon.

Kini ketika gencatan senjata datang, Maha bersama keluaranya sekarang tinggal bersama pamannya di sebuah flat sewaan. Menumang tempat tinggal ini dilakukan setelah apartemennya sendiri roboh menjadi sasaran serangan drone Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement