Ahad 23 May 2021 23:09 WIB

Vietnam Adakan Pemilu Parlemen di Tengah Wabah Baru Covid-19

Hampir 69,2 juta pemilih terdaftar.

Vietnam Adakan Pemilu Parlemen di Tengah Wabah Baru Covid-19. Ilustrasi Covid-19
Foto:

Media lokal mengatakan jumlah wakil majelis yang bukan anggota partai berkurang setengahnya selama tiga pemilihan terakhir. Data resmi menunjukkan 99 persen dari 67,5 juta pemilih terdaftar di Vietnam berpartisipasi dalam pemilu 2016.

Surat suara itu anonim, tetapi nama, usia, pekerjaan, etnis, dan alamat setiap pemilih dipasang di luar pusat pemungutan suara. Pemilihan berlangsung saat Vietnam memerangi wabah baru Covid-19 yang menyebar dengan cepat, menginfeksi 2.066 orang sejak muncul pada akhir April.

Di distrik Long Bien Hanoi, sekitar 30 pemilih terlihat mengantre di bilik suara menunggu giliran, semuanya mengenakan masker. Sebelum antre, para pemilih diukur suhu tubuhnya di meja terdekat di mana masker gratis dan pembersih tangan ditawarkan, dengan pengeras suara yang menyiarkan nasihat untuk menjaga jarak yang aman.

"Saya memilih hari ini karena itu tanggung jawab saya," kata seorang pemilih lanjut usia yang tidak ingin disebutkan namanya.

 

Hue mengatakan pemungutan suara Ahad ini adalah yang pertama di tengah wabah virus corona paling berbahaya yang telah menyebar ke hampir setengah dari jumlah provinsi, dengan banyak di antaranya diisolasi. Dia mengatakan penyelenggara telah mengambil tindakan untuk memastikan pemilihan akan berlangsung dengan aman. Hasil pemilu biasanya diumumkan setelah sekitar dua minggu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement