Kamis 03 Jun 2021 22:40 WIB

Mahasiswa Itera Kembangkan Alat Deteksi Kantuk

Kantuk salah satu penyebab utama kecelakaan saat berkendara.

Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) ciptakan alat pendeteksi kantuk sopir.
Foto: Dok. Itera
Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) ciptakan alat pendeteksi kantuk sopir.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Tiga mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera (Itera), yakni David Styawan, Dodi Josua Siregar, dan Lutfi Arazi, mengembangkan alat pendeteksi kantuk untuk pengemudi kendaraan berat berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan internet of things (IoT).

"Alat yang dikembangkan sebagai tugas akhir mahasiswa itu secara umum berfungsi mendeteksi dan memberikan peringatan bagi pengemudi kendaraan berat yang mengantuk saat berkendara," kata salah satu mahasiswa Itera, Lutfi Arazi, di Bandarlampung, Provinsi Lampung, Kamis (3/6).

Baca Juga

Ia menjelaskan latar belakang penciptaan alat pendeteksi kantuk sebab berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, kasus kecelakaan kerja yang menjadi kesalahan manusia mengalami kenaikan setiap tahunnya dan mencapai 114.148 kasus, salah satu penyebabnya mengantuk saat berkendara.

"Nah, alat yang kami bertiga buat ini akan berfungsi memberikan peringatan suara melalui alarm kepada pengemudi dan menyampaikan notifikasi khusus ke bagian mandor tempat pengemudi bekerja, ini juga merupakan upaya guna menekan angka kenaikan kasus kecelakaan kerja," kata dia.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement