Sabtu 12 Jun 2021 21:51 WIB

UII Dorong Pengembangan Obat Modern Asli Indonesia

Pengembangan obat asli Indonesia membuat harga semakin terjangkau.

Pengobatan herbal/ilustrasi

Upaya itu, menurut Fathul, bisa menjadi salah satu solusi di tengah proporsi alokasi anggaran untuk kesehatan yang meningkat."Sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas, apalagi dalam konteks di mana pandemi belum dapat seluruhnya dikendalikan," katanya.

Ia meyakini alokasi anggaran kesehatan mempunyai kaitan dengan kualitas kesehatan publik karena ketersediaan infrastruktur dan layanan kesehatan membutuhkan dana yang tidak kecil.

Saat ini, menurut dia, disparitas kualitas layanan kesehatan di Indonesia masih luar biasa. Cerita tentang warga yang kesulitan mengakses layanan kesehatan dasar di puskesmas saja, misalnya, masih tidak jarang ditemukan.

Oleh karena itu, Fathul berharap kehadiran Program Studi Farmasi Program Magister di UII dapat berandil memecahkan masalah kesehatan, dengan menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas di bidang farmasi.

"Komitmen untuk memanfaatkan mahadata untuk mendapatkan tilikan baru dan membantu peningkatan kebijakan kesehatan, juga diharapkan menjadikan program studi baru ini semakin penting dan sekaligus unik," kata Fathul Wahid.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement