Sabtu 12 Jun 2021 23:45 WIB

Populasi Owa Jawa di Cianjur Bertambah

Owa Jawa hewan primata yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin berkurang.

Wisatawan berkunjung ke kandang owa jawa di Bandung Zoological Garden (Bazoga), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021). Selama libur Idul Fitri 1442 H, pengelola Bazoga menargetkan enam ribu kunjungan wisatawan per hari selama 10 hari.
Foto:

Sementara tokoh masyarakat Kecamatan Naringgul, Jajang mengatakan selama ini kelompok Owa Jawa, banyak terlihat bergelantungan di sejumlah hutan di kawasan tersebut, tidak hanya di kawasan berkemah Gunung Pabeasan, namun beberapa ekor primata tersebut, terlihat di kawasan hutan lindung Gunung Bodas.

"Kami tidak bisa memastikan berapa banyak populasinya di hutan milik perhutani dan hutan lindung yang dibawahi BKSDA Gunung Simpang. Namun kami juga sering melihat beberapa tahun terakhir kelompok Owa Jawa di Gunung Bodas, sekitar 5 ekor," katanya.

Dia berharap kehadiran primata langka dan dilindungi negara itu, dapat menambah koleksi dan keunikan obyek wisata di wilayah Naringgul khususnya Gunung Pabeasan yang kerap didatangi mahasiswa dan peniliti hewan dari berbagai daerah di Indonesia.

"Harapan kami, Gunung Pabeasan dapat menjadi obyek wisata unggulan sekaligus wisata pendidikan karena terdapat primata langka yang jumlahnya semakin berkurang, sehingga wisatawan akan merasa penasaran kalau belum melihat populasi Owa Jawa yang sejak satu bulan terakhir kerap terlihat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement