Ahad 13 Jun 2021 12:26 WIB

Haji Dibatasi, Negara Arab Apresiasi Keputusan Saudi

Keputusan Arab Saudi menunjukkan kepedulian pada keselamatan jamaah haji.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Haji Dibatasi, Negara Arab Apresiasi Keputusan Saudi. Jamaah haji meninggalkan Jamarat usai melempar jumrah, Makkah, Arab Saudi, Ahad (11/8)
Foto:

“Arab Saudi mementingkan pendekatan ilmiah dalam mendukung perawatan kesehatan dan mengatasi tantangan utama dampak pandemi,” ujarnya.

Menteri Kehakiman, Urusan Islam, dan Wakaf Bahrain Sheikh Khalid bin Ali Al-Khalifa mengatakan keputusan itu sejalan dengan melestarikan ritual haji dan memenuhi urgensi syariah. Liga Dunia Muslim (MWL) dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan atas nama semua cendekiawan di bawah payungnya mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Arab Saudi untuk menghadapi varian virus baru yang bermutasi.

Sekretaris Jenderal MWL dan Ketua Asosiasi Cendekiawan Muslim Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa mengatakan aturan hukum Islam menekankan keniscayaan mengambil semua tindakan pencegahan keselamatan dalam pandemi semacam itu. Dia menambahkan beberapa cendekiawan senior dunia Islam menghubungi MWL untuk menyatakan dukungan atas keputusan Kerajaan.

Pernyataan itu menekankan upaya luar biasa yang dilakukan pemerintah Saudi. Arab Saudi dinilai dengan jelas menunjukkan kepeduliannya terhadap keselamatan pengunjung dan peziarah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen mengatakan keputusan Saudi berasal dari keberhasilan Kerajaan dalam menyelenggarakan musim haji tahun lalu. Dia mengatakan Kerajaan memikul tanggung jawab mengatur haji sehingga mengharuskannya mengambil keputusan dan tindakan tegas berdasarkan data kesehatan saat ini dan aturan yurisprudensi Islam yang mapan. Mufti Besar Mesir Shauqi Allam juga memuji keputusan tersebut.

 

https://www.arabnews.com/node/1875391/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement