Selasa 13 Jul 2021 21:40 WIB

Rencana Presiden IOC Kunjungi Hiroshima Tuai Protes

Presiden IOC awalnya berpartisipasi dalam acara estafet obor di Hiroshima.

Presiden IOC Thomas Bach memberi isyarat pada kedatangannya pada pertemuan dengan Presiden Tokyo 2020 Seiko Hashimoto di Markas Besar Tokyo 2020 Selasa, 13 Juli 2021 di Tokyo, Jepang.
Foto:

Namun, sebuah kelompok sipil mengajukan keluhan, Senin, meminta pemerintah Prefektur Hiroshima membatalkan kunjungan Bach, dengan alasan kunjungan itu bermotif politik, karena mempromosikan perdamaian dunia yang dinilai justru akan "mempermalukan" para penyintas pemboman.

Kelompok itu juga menyuarakan keprihatinan tentang kunjungan Bach ke Hiroshima dari Tokyo ketika ibu kota negara itu berada di bawah keadaan darurat COVID-19 karena lonjakan kasus.

Sebuah petisi online yang pekan lalu diluncurkan oleh kelompok sipil lainnya, yang juga menyerukan pembatalan kunjungan Bach ke Hiroshima, telah menerima lebih dari 30.000 tanda tangan pada Selasa malam.

Sementara itu, Wakil Presiden IOC John Coates akan mengunjungi Nagasaki, Jumat, kota yang juga hancur karena bom atom Amerika Serikat tahun 1945 pada akhir Perang Dunia II, menurut Gubernur Nagasaki, Hodo Nakamura.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement