Rabu 14 Jul 2021 21:50 WIB

Wapres Tekankan Sinergi Pemda untuk Tekan Mobilitas Warga

Wapres minta pemda intensif tekan laju penyebaran covid-19.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) K.H. Maruf Amin.
Foto:

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan bahwa diperlukan rapat antara Gubernur, Walikota dan Bupati Banten dengan jajaran Forkopimda untuk menyepakati strategi penanganan Covid-19 secara intensif di wilayah Banten. Ia menilai, kunci keberhasilan penerapan PPKM Daruat Covid-19 ini adalah sinergi antara kepala daerah setempat, TNI, Polri, Kejaksaan dan organisasi vertical.

“Hanya saran kami Bapak, saran kami juga mungkin kepada Bapak Gubernur, rekan-rekan Bupati dan Walikota rapat ini betul-betul dilaksanakan secara intens, tidak hanya sekedar dua minggu sekali, atau seminggu sekali, dilakukan 2-3 hari sekali,” kata Tito.

Sementara, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pada kesempatan yang sama juga menguraikan beberapa langkah strategis untuk akselerasi penanganan Covid-19. Pertama yakni peningkatan angka testing dan tracing dan dilaporkan.

"Kemudian tes harus dipriotaskan bagi suspek (orang yang bergejala) maupun kontak erat, penambahan atau konversi tempat tidur di Rumah Sakit hingga 40 persen dari tempat tidur rumah sakit, semua rumah sakit wajib mengisi status ketersediaan oksigen melalui aplikasi SIRS online supaya tidak kekurangan oksigen dan cakupan vaksin harus terus diakselerasi hingga mencapai 1 juta dosis vaksinasi per hari,” ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement