Rabu 14 Jul 2021 22:00 WIB

Pekerjaan yang Membuat Bahagia Menurut Buya Hamka

Ada pekerjaan yang melelahkan dan membawa kebahagiaan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Tertekan karena pekerjaan (Ilustrasi)
Foto:

Orang yang mengerjakan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh, kata Hamka, selalu berusaha mempermoderen, memperbaharui dan memperindah pekerjaan itu. "Kemahiran dan kesanggupan membuat bentuk baru, sangat sekali menimbulkan bahagia di dalam hati, walaupun hasilnya yang lahir tidak kelihatan pada waktu itu juga," ujar pendiri majalah Panji Masyarakat pada 1959 itu. 

Namun, Hamka juga menyampaikan kecemasannya soal kehidupan wartawan karena tak sedikit media massa yang berdiri tidak di atas cita-cita. "Pada zaman kita kaum wartawan itu banyak yang tidak merasa bahagia, lantaran kebanyakan orang menerbitkan surat kabar tidak didasarkan suatu cita-cita, tetapi untuk mencari uang," ungkapnya.

Karena itulah, menurut Hamka, mereka tidak bisa memuaskan kemahiran dan teknik atau bentuk yang baru. Sebab, mereka takut bikin rugi perusahaan majikannya yang dapat menyebabkan hilangnya sesuap nasi.

"Sebab itu kebanyakan mereka menulis hal yang tidak sesuai dengan perasaan hati sendiri, hanya laksana mesin saja, menghasilkan tulisan dan menerima gaji tiap bulan. Lain dari ini... masa bodoh!," papar Hamka. 

 

"Orang yang hidupnya hanya untuk mencari sesuap nasi, bukan karena kesenangan mengerjakan pekerjaan, amat sukarlah merasakan bahagia. Kian lama kian mundur tenaganya, dan kian kecewa hatinya," kata cucu Muhammad Amrullah itu, salah satu pemimpin Tarekat Naqsyabandiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement