Kamis 15 Jul 2021 05:18 WIB

Kata Talak Jadi Bahasan Utama di Uzbekistan

YouTube adalah platform di mana talak sering dibahas masyarakat Uzbekistan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim Uzbekistan tengah menjalankan shalat
Foto:

Sekarang dia belajar lebih banyak tentang Islam dan menyadari bahwa, pada hari-hari ketika dia minum alkohol, dia mengatakan talak tiga berkali-kali kepada istrinya, "Saya dan istri saya sangat menyesali ini. Bisakah kita memperbarui pernikahan kita?," kata dia bertanya.

Dalam kedua kasus tersebut, para ulama mengatakan tidak kepada laki-laki itu, artinya mereka sekarang telah bercerai di mata Allah. Talak tiga cepat, menurut sebagian besar ulama Uzbekistan, mengikat, jika tidak dalam semangat syariah.

Namun negara tidak mengakui perceraian syariah. Di bawah undang-undang negara bagian, dalam banyak kasus pengajuan perceraian tidak disetujui selama enam bulan, untuk mendorong rekonsiliasi. Tetapi bukti anekdot menunjukkan bahwa bagi banyak pasangan yang memilih untuk mematuhi aturan Islam, tidak ada pilihan selain segera berpisah setelah talak tiga, terlepas dari pendapat negara.

YouTube adalah platform lain di mana talak sering dibahas. Azon.tv, saluran TV pendidikan online swasta pertama di Uzbekistan, saat ini memiliki hampir 400 ribu pelanggan dan sekitar 35 juta penayangan sejak mulai tahun 2019.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement