Kamis 15 Jul 2021 05:26 WIB

Film Serangan Masjid An-Nur Christchurch Tengah Digarap

Film ketiga tentang serangan teroris Christchurch dalam proses penggarapan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Pemimpin Muslim Christchurch berbicara kepada media setelah Brenton Tarrant dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, di luar Pengadilan Tinggi di Christchurch, Selandia Baru, 27 Agustus 2020. Warga Australia Brenton Tarrant dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat karena terorisme, 51 dakwaan pembunuhan dan 40 dakwaan percobaan pembunuhan, atas serangannya terhadap dua masjid di Christchurch pada 2019.
Foto:

"Sebagai agen film nasional Selandia Baru, NZFC secara teratur didekati oleh pembuat film lokal dan internasional dengan ide film. NZFC kapan saja mengetahui ratusan proyek film lokal dan internasional yang diperdebatkan," kata dia.

"Sebagian besar proyek ini tidak akan pernah masuk ke produksi," lanjut McSweeney.

McSweeney mengatakan, setelah peninjauan lebih lanjut dari file-nya, komisi pertama kali berinteraksi dengan perwakilan dari They Are Us pada Oktober 2019. Dan bukan Maret 2020, seperti yang awalnya dikatakan komisi.

"(Produser) Andrew Niccol, Stewart Till dan mantan CEO, Annabelle Sheehan berkorespondensi melalui email pada 30 dab 31 Oktober 2019 untuk mengatur pertemuan langsung, yang diadakan di Los Angeles pada 9 November 2019," kata dia.

"Tak satu pun dari staf NZFC yang terlibat dalam korespondensi dan pertemuan itu, khususnya Annabelle Sheehan dan EA-nya, terus bekerja untuk NZFC, jadi mereka tidak terlibat dalam penyediaan informasi NZFC sehubungan dengan keterlibatan organisasi dengan They Are Us. Korespondensi dan rapat tambahan ini tidak merujuk pada They Are Us, dan dengan demikian materi ini tidak ditemukan dalam pencarian awal kami atas file elektronik kami, sejak itu telah ditemukan secara manual," paparnya. 

Wakil kepala eksekutif kebijakan dan kinerja sektor di Kementerian Kebudayaan dan Warisan, Anna Butler mengatakan telah diberitahukan pada 7 Juli bahwa keterlibatan awal komisi atas They Are Us adalah pada Oktober 2019, bukan Maret 2020 seperti yang dinyatakan sebelumnya.

 

"Komisi Film NZ adalah entitas Mahkota dan independen dari pemerintah. Ini adalah jarak yang jauh dari Pemerintah, dan tidak berkewajiban untuk memberi tahu kementerian tentang proyek film yang diketahuinya, terutama pada tahap awal dalam asal-usul film," kata Butler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement