Kamis 15 Jul 2021 02:30 WIB

Sumpah Ali Jika Berbohong atas Nama Nabi

Sumpah Ali Jika Berbohong atas Nama Nabi

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Sumpah Ali Jika Berbohong atas Nama Nabi. Foto:   Perjalanan hijrah Nabi Muhammad bersama Abu Bakar dari Makkah ke Madinah (ilustrasi).
Foto: google.com
Sumpah Ali Jika Berbohong atas Nama Nabi. Foto: Perjalanan hijrah Nabi Muhammad bersama Abu Bakar dari Makkah ke Madinah (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Menyandarkan segala pernyataan kepada Nabi Muhammad SAW memiliki konsekuensi syariat. Apabila penyandaran tersebut benar dan dapat ditelusuri secara keilmuan hadis, maka dapat diterima. Namun sebaliknya, itu bisa disebut sebagai dusta dan haram untuk dilakukan.

Sahabat Nabi Muhammad, Sayyidina Ali bin Abi Thalib bahkan pernah bersumpah apabila berbohong dengan menyandarkannya kepada Nabi. Dalam buku Sirah Sahabat karya Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawy, Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah mengutarakan sumpahnya terkait hal itu.

Baca Juga

As-Syaikhany dan lainnya mentakhrij dari Ali bin Abi Thalib, dia berkata: “Jika aku menyampaikan hadis dari Rasulullah SAW, maka aku lebih suka dijatuhkan dari langit apabila aku mengatakan apa yang tidak beliau katakan. Tapi jika aku berbicara dengan kalian tentang suatu masalah yang terjadi di antara kita, maka sesungguhnya perang pun bisa dilakukan dengan siasat,”.

Tak hanya Sayyidina Ali, sahabat Nabi yang lainnya seperti Sayyidina Umar bin Khattab pernah berkata: “Aku takut untuk menambahi atau mengurangi walau satu huruf pun. Sebab Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berdusta atas diriku secara sengaja, maka dia berada di dalam neraka,”.

 

Upaya para sahabat dalam menyampaikan kebenaran tanpa menambahi atau mengurangi perkataan Nabi itu sejatinya adalah cikal-bakal dalam upaya menjaga hadis-hadis Rasulullah SAW. Sebab hadis-hadis Nabi yang hingga kini dapat ditelusuri oleh umat Islam dapat dipertanggungjawabkan bahkan jika ditelusuri secara sistem keilmuan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement