Rabu 21 Jul 2021 05:00 WIB

Sumur Zamzam, Sebuah Keajaiban Abadi

Air sumur zamzam selalu bersih, tidak ada lumut, serangga, jamur, atau kotoran lain.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sumur Zamzam, Sebuah Keajaiban Abadi. Suasana proyek restorasi Sumur Zamzam di Masjidil Haram.
Foto:

Namun, dengan proyek baru ini, ada dua ukuran utama wadah resmi, yakni lima liter dan 10 liter di mana air diolah, dibotolkan, disimpan, dan didistribusikan secara efisien. Sebelum akhir perjalanan haji atau umroh, pengunjung memastikan untuk mendapatkan satu atau dua botol air zamzam sebelum mereka pulang.

Proses pembagian ini pada tahun-tahun sebelumnya menyebabkan kekacauan dan antrien yang tidak teratur. Saat ini, air zamzam bisa dibagikan kepada jamaah di dalam bus atau di bandara untuk menghemat waktu dan mencegah keramaian.

Di dalam Dua Masjid Suci, air disediakan dalam pendingin yang menjalani proses pembersihan dan pengisian setiap hari. Pembelian air zamzam secara online merupakan bagian dari proyek Perusahaan Air Minum Nasional yang dirintis menyusul penghentian sementara penjualan sebagai tindakan pencegahan di tengah merebaknya pandemi virus corona. 

Air zamzam sekarang didistribusikan melalui platform bisnis elektronik Saudi HNAK, yang juga menawarkan layanan pengiriman ke rumah. Ekstraksi, pemompaan, dan pengawasan penyimpanan dan saluran pipa yang berkelanjutan dicapai melalui teknologi serat optik dari jaringan Kontrol Pengawasan dan Akuisisi Data. 

Dengan semua teknologi ini, kualitas mineral alami air zamzam dipertahankan dan sesuai dengan penelitian cermat. Penelitian dilakukan untuk menentukan metode pemompaan dan penyaringan yang paling sesuai.

photo
Restorasi sumur zamzam. - (saudigazette.com)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement