Selasa 27 Jul 2021 20:36 WIB

Masjid Sarena Dzamija, Warisan Ottoman di Makedonia Utara

Masjid Sarena Dzamija adalah salah satu bangunan bersejarah era Ottoman.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Bagian dalam ruangan Masjid Sarena Djamiza
Foto:

Masjid yang dibangun dengan denah persegi ini memiliki narthex (area masuk atau lobi) yang terbuka di tiga sisi dan ditutupi oleh bagian mahfil, platform khusus yang ditinggikan di dalam masjid tempat muadzin menjalankan tugasnya untuk menyerukan sholat. Bagian mahfil memiliki tiga balkon berbentuk setengah bola yang menghadap ke ruang sholat di dalam masjid. 

Strukturnya memiliki atap genteng, yang lebih mirip jenis atap yang digunakan dalam arsitektur rumah klasik Ottoman. Berbicara kepada Anadolu Agency (AA), Emir Kasami, imam masjid, mengatakan bahwa Hurside dan Mensure membangun masjid pada tahun 1495.

photo
Masjid Sarena Djamiza, Makedonia Utara - (Daily Sabah)

Kasami menambahkan bahwa masjid ini diperbaiki oleh Abdurrahman Pasha pada tahun 1883 setelah rusak akibat gempa bumi dan mengatakan, "Pasha tersebut membangun kembali masjid sebagai kompleks. Informasi tentang masjid ada di prasasti di atas pintu masuk. Dalam prasasti ini, pernyataan Abdurrahman Pasha dicatat. Dia berkata. "Saya menugaskan masjid ini untuk mengajarkan Alquran dan melatih hafiz."

Kasami mengungkap bahwa penggambaran Kabah di masjid dibuat pada tahun 1800-an, Kasami mengatakan bahwa seorang seniman yang hidup pada masa itu dan berhaji menggambar lukisan Kabah di dinding masjid dengan izin Abdurrahman Pasha.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement