Jumat 30 Jul 2021 07:34 WIB

Saudi Membuka Pintu bagi Wisatawan Mulai 1 Agustus

Wisatawan harus sudah vaksinasi penuh sebelum memasuki Saudi.

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Petugas imigrasi di bandara Arab Saudi.
Foto: Okaz/Saudi Gazette
Petugas imigrasi di bandara Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Otoritas Arab Saudi akan membuka pintu bagi wisatawan luar mulai 1 Agustus 2021. Dengan catatan, wisatawan tersebut telah vaksinasi penuh sebelum memasuki Saudi. Wisatawan yang telah divaksin ini tidak perlu lagi melakukan karantina asalkan mereka menunjukkan sertifikat vaksinasi pada saat kedatangan dan bukti tes PCR negatif yang dilakukan dalam waktu 72 jam dari waktu keberangkatan.

Dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh Saudi Press Agency Kamis (29/7) malam, Kementerian Pariwisata mengumumkan bahwa Kerajaan akan membuka pintunya bagi wisatawan dan mencabut penangguhan masuk bagi pemegang visa turis, mulai 1 Agustus (Ahad). Pengunjung Kerajaan juga diharuskan mendaftarkan data mereka terkait dosis vaksinasi di portal elektronik baru https://muqeem.sa/#/vaccine-registration/home

"Data juga direkam melalui aplikasi Tawakkalna dan perlu ditunjukkan untuk memasuki tempat-tempat umum," kata pernyataan itu, dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (30/7).

Untuk mengakomodasi pelancong, Kerajaan telah meningkatkan aplikasi Tawakkalna yang memungkinkan pengunjung sementara untuk mendaftar dengan rincian paspor mereka. Aplikasi ini diperlukan untuk masuk ke banyak tempat umum di Arab Saudi, termasuk pusat perbelanjaan, bioskop, restoran, dan tempat hiburan.

Menurut pernyataan tersebut, yang divaksinasi lengkap adalah mereka yang telah menerima dua dosis vaksin yang disetujui di Arab Saudi, yaitu Pfizer, AstraZeneca atau Moderna, atau satu dosis Johnson & Johnson. Sedangkan mereka yang telah mengambil dua dosis vaksin Sinopharm atau Sinovac juga akan diizinkan, jika mereka telah menerima dosis tambahan dari salah satu, dari empat vaksin yang disetujui Saudi.

Semua pengunjung akan diminta untuk mematuhi semua tindakan pencegahan yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan, termasuk mengenakan masker wajah di depan umum dan menjaga jarak fisik.

Dalam pernyataan tersebut, kementerian mengatakan bahwa mereka yang ingin mendapatkan visa turis dapat mengajukan permohonan melalui situs visitsaudi.com.

Menteri Pariwisata Arab Saudi, Ahmed Al-Khateeb mengatakan, ini merupakan kabar gembira bagi sektor wisata untuk kembali menerima wisatawan, setelah penangguhan yang lama akibat pandemi virus corona

"Kami memfokuskan upaya kami selama jeda pada kerja sama yang erat dengan mitra kami di semua sektor, untuk memastikan pengembalian yang aman di mana pengunjung ke Kerajaan dapat menikmati menjelajahi harta karunnya, tujuan dan landmark penting, menikmati pengalaman wisata yang unik, dan belajar tentang budaya kedermawanan dan keramahan yang menjadi ciri masyarakat Saudi," kata kementerian.

Kerajaan meluncurkan program visa turis pada September 2019 dalam keputusan bersejarah, membuka hati dan pintu bagi wisatawan dari berbagai negara di dunia. Program ini mencapai kesuksesan luar biasa karena 400 ribu visa dikeluarkan dalam waktu 6 bulan sebelum penangguhan perjalanan internasional karena pecahnya pandemi virus corona.

Pengumuman dimulainya kembali perjalanan bagi wisatawan bertepatan dengan peluncuran kampanye musim panas 2021, yang membawa banyak atraksi dan acara baru ke negara tersebut. Kampanye baru ini diharapkan dapat memanfaatkan permintaan laten yang signifikan di antara populasi domestik dan regional, terutama untuk acara hiburan berskala lebih besar, yang telah dipengaruhi secara signifikan oleh langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Terlepas dari pandemi, 2020 adalah tahun terobosan bagi industri pariwisata domestik Saudi, ketika warga dan penduduk menjelajahi negara itu, untuk pertama kalinya memungkinkan pengembangan kegiatan dan produk baru yang berkelanjutan menjelang pembukaan kembali internasional.

Kampanye Musim Panas Saudi 2020, yang berlangsung antara Juni dan September, menghasilkan peningkatan pengeluaran sebesar 33 persen untuk hotel, restoran, serta kegiatan rekreasi dan budaya dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019. Tingkat hunian hotel rata-rata hampir 50 persen, dengan tingkat hunian puncak. untuk beberapa tujuan hampir 100 persen.

Arab Saudi juga memperkenalkan penawaran kapal pesiar rekreasi pertama di negara itu di sepanjang Laut Merah dengan kapal pesiar Silver Spirit, pada September 2020. Pelayaran ditawarkan sekali lagi sebagai bagian dari musim panas, dengan MSC Belissima beroperasi di Jeddah antara Juli dan September.

Arab Saudi berhasil melaksanakan kampanye vaksinasi covid-19 di seluruh Kerajaan untuk semua warga negara dan penduduk, dengan lebih dari 26 juta dosis diberikan sejauh ini. Lebih dari setengah dari semua warga dan penduduk Saudi kini telah menerima suntikan pertama mereka dan satu dari lima telah menerima dua dosis vaksin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement