Jumat 30 Jul 2021 12:12 WIB

70 Ribu Orang yang Masuk Surga Tanpa Hisab, Siapa Mereka?

Ada sebuah hadis tentang 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Surga
Foto:

Nabi SAW pun sempat bergumam, “Semoga saja itu kelompokku, umatku,”. Ternyata bukan. Tetapi kelompok Nabi Musa. Nabi SAW kemudian kaget di belahan sana ternyata ada kelompok yang lebih besar lagi daripada pengikut Nabi Musa.

Nabi kemudian bergumam lagi, “Semoga itu umatku,”. Ternyata benar. Malaikat Jibril mengatakan, “Unzhur ilal-ufuqil akhar. Fa idzan sawadun azhim,”. Yang artinya, “Lihatlah ke ujung yang lain, ada kelompok yang lebih besar,”. Kemudian dikatakan oleh Jibril kepada Nabi SAW, “Itulah umatmu,”.

Di antara mereka yang banyak itu ada sekelompok 70 ribu orang. Namun 70 ribu orang itu sebenarnya membawa 70 ribu orang lagi, bagaikan silsilah. Dalam hadis lain disebutkan bahwa 70 ribu orang ini masing-masing membawa dan menggandeng 70 ribu orang berikutnya, sampai kemudian berpuluh-puluh ribu hingga mungkin berjuta-juta.

Namun demikian, hanya Allah lah yang lebih tahu berapa jumlah mereka. Mereka masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab. Setelah peristiwa itu, apa yang terjadi? KH Ali menjelaskan bahwa Nabi secara tidak sengaja telah membuat penasaran, tapi memang Nabi SAW digerakkan oleh Allah SWT.

Maka ketika mendengar berita itu, beliau langsung balik ke rumah. Disebutkan dalam beberapa hadis, mereka seharian menggosipkan itu. Ternyata mereka berbicara, berdiskusi, dan mengatakan siapa mereka? Ada yang mengatakan bahwa mereka itu orang yang lahir dalam keadaan Islam dan tidak syirik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement