Selasa 03 Aug 2021 23:45 WIB

Zakiah Daradjat, Pelopor Psikologi Islam (I)

Dalam berdakwah Zakiah Daradjat tak mengenal lelah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
 Prof Zakiah Daradjat
Foto:

Zakiah merupakan cendekiawan perempuan pertama yang menjadi ketua umum MUI. Dia juga pernah menjadi direktur pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, menjadi Dewan Riset Nasional, dan Dewan Pertimbangan Agung (DPA). Bahkan, dia juga pernah diberikan amanah sebagai ketua Perhimpunan Perempuan Alumni Timur Tengah.

Dalam berdakwah Zakiah Daradjat tak mengenal lelah. Bahkan, dia bisa berceramah lima sampai enam kali dalam sehari saat usianya masih 31 tahun. Dia berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menyebarkan pesan dakwah.

Tak hanya terampil berdakwah, Zakiah juga produktif menulis. Selama hidupnya, dia telah menghasilkan puluhan buku menge nai psikologi dan agama. Di antaranya, bukunya yang berjudul Kesehatan Mental yang diterbitkan pada 1969, Ilmu Jiwa Agama terbit pada 1970, dan buku Problem Remaja Indonesia pada 1974.

Selain itu, cendekiawan satu ini juga pernah mendapat sejumlah penghargaan atas prestasinya di bidang pendidikan. Pada 1965 dia mendapat medali ilmu pengetahuan dari Presiden Mesir Gamal Abdul Nasir. Penghargaan itu diberikan pada saat upacara Hari Ilmu Pengetahuan.

 

Menjelang akhir hayat, Zakiah Daradjat masih aktif mengajar, memberikan ceramah, dan membuka konsultasi psikologi. Hingga akhirnya, dia wafat di Jakarta dalam usia 83 tahun pada 15 Januari 2013 silam. Almarhumah dimakamkan di Kompleks UIN Ciputat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement