Senin 09 Aug 2021 13:24 WIB

Kemegahan Universitas Al-Mustansiriyah

Universitas Al-Muntasiriyah menyatukan empat mazhab fikih Suni.

Universitas Al-Mustansiriyah di Baghdad, Irak.
Foto:

Al-Mustansiriyah modern memiliki 10 fakultas, dua institut, dan empat pusat studi dan kajian. Fakultas yang dimiliki universitas ini, antara lain, fakultas hukum; fakultas ekonomi dan manajemen, fakultas seni, fakultas pendidikan, fakultas sains, fakultas pendidikan kedokteran, fakultas teknik, fakultas ilmu politik, fakultas pendidikan dasar, dan fakultas ilmu kedokteran gigi.

Bangunan Universitas al-Mustansiriyah yang indah itu juga sempat dihantam bom saat Tentara Amerika Serikat (AS) menyerbu Baghdad. "Secara akademis, al-Mustansiriyah merupakan salah satu lembaga yang sangat penting di Irak," tutur Abdul Majid Khoei, seorang ilmuwan Irak dan Sekjen al-Khoei Foundation. 

photo
Halaman dalam al-Mustansiriyah - ()

Universitas al-Mustansiriyah di era modern itu merupakan bagian dari Universitas Baghdad yang berdiri sejak 1963. "Ilmu hukum dan sastra, jurusan favorit di universitas ini," ungkap Khoei.  Sejarawan yang khusus mengkaji sejarah Irak di School of Oriental and African Studies pada University of London, Charles Tripp, mengagumi kemegahan bangunan Universitas al-Mustansiriyah. 

"Bangunannya sangat indah, sangat menarik," ungkapnya.

Menurut Tripp, bangunan Universitas al-Mustansiriyah diperbaiki pada 1980. Struktur bangunannya menampilkan gaya arsitektur pada zaman kekhalifahan. Bangunan utama universitas itu, kata dia, adalah salah satu yang paling indah. Atap gedungnya yang panjang, papar dia, mengingatkan pada banguan yang terdapat di Isfahan, Iran.

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement