Senin 09 Aug 2021 13:24 WIB

Kemegahan Universitas Al-Mustansiriyah

Universitas Al-Muntasiriyah menyatukan empat mazhab fikih Suni.

Universitas Al-Mustansiriyah di Baghdad, Irak.
Foto:

Awalnya, universitas ini didirikan Khalifah al-Mustansir untuk mempromosikan Islam Suni ketika Baghdad menjadi pusat kekhalifahan terbesar di dunia. Keberadaan univerasitas ini tentu sangat penting karena mampu melahirkan para ilmuwan dan intelektual terkemuka pada zamannya. Seiring berkembangnya waktu, universitas ini juga mengajarkan studi zoologi dan linguistik.

Gedung dan bangunan Universitas al-Mustansiriyah terkenal dengan keindahannya. Terletak di tepi kiri Sungai Tigris, perguruan tinggi ini juga sempat menjadi korban keganasan invasi bangsa Mongol yang dipimpin Khulagu Khan.

photo
Pasukan Mongol (ilustrasi) - (republika)

Hingga kini, bangunan asalinya masih tetap ada dan sempat direstorasi. Bekas bangunannya masih menjadi daya tarik Kota Baghdad yang letaknya dekat Museum Baghdad, Jalan Mutanabbi, dan Istana Khalifah.   

Nama besar perguruan tinggi yang sempat berjaya pada abad ke-13 M dan sempat mati setelah invasi bangsa Mongol itu pun akhirnya kembali dihidupkan. Pada 1963, para ilmuwan dan intelektual di Baghdad membidani lahirnya kembali perguruan tinggi yang mengambil nama dari sekolah tinggi di masa kejayaan, yakni Universitas al-Mustansiriyah.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement