Senin 09 Aug 2021 13:33 WIB

Tadabbur Surat Abasa: Kemuliaan Alquran

Alquran begitu sempurna, di dalamnya ada banyak hikmah yang bisa kita pelajari.

Alquran
Foto:

“Faman sya’a zakarah” di sini Allah menuturkan bahwa Allah tidak butuh mereka yang tidak memperdulikan peringatan dalam Alquran. Allah pun tak butuh harta dan apapun yang di miliki manusia. Berbeda dengan kita, seseorang menjadi mulia karena ada yang memuliakan. Menjadi terhormat karena ada orang yang menghormati kita. Semakin banyak orang yang mendukung kita, semakin kita dihormati dan dimuliakan, itu kita sebagai makhluk.

Tapi Allah tidak tergantung makhluk, sekalipun mereka semua kafir, Allah tetap Tuhan yang Maha Kuasa. Janganlah kita minder hanya karena orangorang yang dimuliakan dalam urusan dunia. Ini pelajaran penting dari quran surat ‘Abasa. Allah berkali-kali menyebutkan Alquran, “fii sukhufim mukarromah.” Setiap lembaran Alquran ini mulia, yang memuliakan itu Allah. Kalau makhluk yang memuliakan itu relatif mungkin

si fulan mulia, tapi bagi orang lain tidak. Tapi ini penilaian Allah, kebenaran kemuliaan Alquran. Kemuliaan Alquran itu mutlak, tidak bisa diganggu gugat.

Inilah hebatnya Alquran, oleh karenanya suatu generasi yang jujur memuliakan alquran dan mengikuti Alquran, Allah muliakan generasi itu. Jelas ini tergambarkan pada generasi para sahabat, yang sanggup memimpin seperempat dunia. Mereka memimpin dari Afrika sampai perbatasan Rusia. Kalau Allah saja memuliakan alquran, maka ayo berlomba-lomba memuliakannya. Caranya bagaimana?

Membacanya, menghafalnya, memahami isinya dan aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga kelak di hari akhir alquran ini bisa datang menjadi syafaat bagi kita, memberikan pahala bagi kita dan mengantarkan kita ke surganya Allah.

Aamiin.

 

DR. Amir Faishol Fath, MA 

 

Pakar Tafsir Qur'an

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement