Jumat 13 Aug 2021 15:49 WIB

Taliban Rebut 2 Kota, Pejabat Afghanistan Pilih Kabur  

Taliban berhasil menguasai Kandahar dan Herat

Rep: Puti Almas/ Red: Nashih Nashrullah
Taliban berhasil menguasai Kandahar dan Herat. Milisi Taliban (ilustrasi)
Foto: english.alarabiya.net
Taliban berhasil menguasai Kandahar dan Herat. Milisi Taliban (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  KABUL — Taliban meluncurkan dua serangan besar yang bertujuan merebut dua kota besar di Afghanistan, yaitu Kandahar dan Herat.  

Saat ini, pejabat pemerintah dan warga sipil di dua kota tersebut melarikan diri, karena Taliban berhasil menguasai pascaserangan diluncurkan. Gubernur Kandahar dilaporkan telah pergi ke Ibu Kota Kabul untuk keselamatan dan keamanan.  

Baca Juga

Selain Kandahar dan herat yang merupakan dua kota besar di Afghanistan setelah Kabul, Taliban juga meluncurkan serangan di Ibu Kota Provinsi Ghazni. Kelompok itu berhasil merebut wilayah dan menghalangi jalan raya yang menghubungkan daerah dengan Kabul.  

Dilansi The Week, Taliban saat ini diperkirakan sudah menguasai lebih dari dua petiga wilayah Afghanistan. Kabul sejauh ini belum berada di bawar ancaman langsung.  

Meski demikian, kekhawatiran terus melanda, seiring dengan penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat dari Afghanistan. Intelijen milter Amerika mengatakan bahwa Afghanistan mungkin dapat dikuasai Taliban dalam waktu 30 hari.  

Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat ini mengirimkan 3.000 tentara ke Kabul untuk membantu proses evakuasi beberapa personel dari kedutaan, sebelum misi militer Washington secara resmi berakhir pada Agustus ini. 

 

Sumber: theweek  

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement