Jumat 20 Aug 2021 21:41 WIB

Kisah Dramatis Penyelamatan Perwira Polisi dari Taliban

Setelah empat kali percobaan, operasi penyelematan akhirnya berhasil dilakukan.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Agung Sasongko
FILE - Dalam arsip foto Selasa 17 Agustus 2021 ini ratusan orang berkumpul di luar bandara internasional di Kabul, Afghanistan. Ratusan warga negara Barat dan pekerja Afghanistan telah diterbangkan ke tempat yang aman sejak Taliban menegaskan kembali kendali atas negara itu.
Foto:

Khalid dan keluarganya tidak dapat masuk ke bandara sebab Taliban menguasai pintu masuknya. Khalid dikenal luas karena jabatannya sebagai Kepala Polisi Provinsi Helmand dan kerap tampil di televisi. Ia juga pernah menantang Taliban untuk bertempur.

Green mengatakan ia sangat bahagia mendengar Khalid dan keluarganya kini aman. Ia menambahkan 'kebetulan' beberapa anggota penyelamat dari militer AS pernah bekerja sama dengan Khalid.

McCreary mengatakan sejumlah sekutu termasuk Inggris membantu operasi penyelamatan tersebut. Ia mengatakan Khalid, istrinya dan empat putra mereka yang berusia 12 hingga tiga tahun aman. "Di lokasi yang tak diungkapkan di bawah perlindungan Amerika Serikat," katanya.

Pemerintah mengatakan mitra-mitra AS di Afghanistan lainnya seperti polisi dan militer juga patut diselamatkan. AS mengatakan akan menggelar lebih banyak operasi penyelamatan tapi tidak bisa mengungkapkan detailnya. 

Teman-temannya mengatakan Khalid tidak berniat meninggalkan Afghanistan dan berencana berjuang bersama rekan-rekan senegaranya membela tanah air mereka usai pasukan AS mundur. Tapi pemerintah Afghanistan ambruk dengan cepat dan presiden lari ke luar negeri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement