Kamis 26 Aug 2021 03:06 WIB

 LSM Harus Penuhi Kriteria Jais Untuk Pemakaman Covid

LSM diwajibkan penuhi kriteria Jais untuk Pemakaman Covid.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
 Petugas menggunakan APD menggotong peti mati jenazah Covid-19 di tempat pemakaman di Setia Alam, di luar Kuala Lumpur Malaysia. Pemerintah Malaysia melalui Lembaga Pengurusan Bencana Negara (NADMA) memberikan santunan 5.000 ringgit Malaysia atau Rp 17 juta untuk ahli waris warganya yang meninggal dunia karena Covid-19.
Foto:

Sementara Azmizam ingin mengetahui status penanganan jenazah Covid-19. Kemudian apakah pemerintah negara bagian akan bekerja sama dengan LSM, yang menawarkan manajemen pemakaman kepada kelompok B40 di negara bagian tersebut 

Amirudin mengatakan total 189 relawan yang terdiri dari LSM, individu, departemen dan beberapa pihak lain telah bekerja sama dengan Jais untuk membantu penanganan jenazah Covid-19 di Selangor. Kemudian menambahkan bahwa Jais tidak mengenakan biaya apa pun untuk layanan tersebut kecuali untuk biaya yang terkait dengan pemakaman.

"Untuk pemakaman di bawah otoritas setempat, biayanya antara RM120 hingga RM300 sedangkan kuburan di bawah kariah (paroki), tidak lebih dari RM500," kata dia.

 

Dia mengatakan, bahwa hingga 10 Agustus, Jais telah mengelola total 776 jenazah Covid-19 dengan bantuan sukarelawan yang ditempatkan di rumah sakit negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement