Jumat 27 Aug 2021 21:24 WIB

Sejarah ISIS-K dan Bedanya dengan Taliban

ISIS-K adalah afiliasi regional dari kelompok ISIS, yang aktif di Afghanistan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Warga Afghanistan yang terluka berbaring di tempat tidur di sebuah rumah sakit setelah ledakan mematikan di luar bandara di Kabul, Afghanistan, Kamis, 26 Agustus 2021.
Foto:

Sajjan Gohel dari Asia Pacific Foundation telah memantau jaringan militan di Afghanistan selama bertahun-tahun. Dia mengatakan, beberapa serangan besar antara 2019 dan 2021 melibatkan kolaborasi antara ISIS-K, jaringan Haqqani Taliban, dan kelompok teror lainnya yang berbasis di Pakistan.

Ketika Taliban mengambil alih Kabul pada 15 Agustus, kelompok itu membebaskan sebagian besar tahanan dari penjara Pul-e-Charki. Tahanan yang dibebaskan termasuk militan ISIS dan al-Qaeda. Mereka saa ini buron.

Menurut Gohel, ISIS-K memiliki perbedaan besar dengan Taliban. ISIS-K menuduh Taliban meninggalkan jihad dan medan perang, demi penyelesaian negosiasi perdamaian di hotel mewah di Doha, Qatar.

Militan ISIS sekarang menjadi tantangan keamanan utama bagi pemerintahan Taliban yang akan datang. Hal ini menyebabkan, Taliban memiliki persoalan tantangan keamanan yang serupa dengan badan-badan intelijen Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement