Ahad 29 Aug 2021 01:19 WIB

Setan Sulit Menyesatkan Orang Berilmu

Orang-orang berilmu telah menguasai kunci meraih keselamatan dunia dan akhirat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Iman dan ilmu seperti fajar dalam kepemimpina. (ilustrasi).
Foto:

Sebab orang-orang berilmu telah menguasai kunci-kuncinya meraih keselamatan dunia dan akhirat dengan ilmunya. Ia tidak akan tergelincir dengan tipu daya karena telah mengetahui dan dapat membedakan halal, haram, makruh, mubah, wajib, sunah dan lainnya. 

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad ﷺ yang diriwayatkan Imam  Daruquthni

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَاعُبِدَ اللَّهُ بِشَيْءٍ اَفْضَلُ مِنْ فِقْهٍ فِى دِيْنٍ وَلَفَقِيْهٌ وَاحِدٌ أَشَدُّعَلَى الشَّيْطَانِ مِنْ اَلْفِ عَابِدٍ وَلِكُلِّ شَيْءٍ عِمَادُ وَعَمَادُ هَذَاالدِّيْنِ الْفِقْهُ. 

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: Tidaklah disembah Allah dengan suatu Ibadah yang lebih utama dari pada memahami agama. Satu orang yang paham agama itu lebih berat bagi setan dibanding menyesatkan seribu ahli ibadah. Dan segala sesuatu itu ada tiangnya, pilar agama Islam itu adalah Ilmu. 

 

Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa besar sekali pengaruh orang-orang berilmu. Sebab sejatinya mereka lah yang menegakan, mensyiarkan, agama. Andrian Saputra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement