Muslim Wisconsin AS Siap Sambut Pengungsi Afghanistan

Kamis , 02 Sep 2021, 01:52 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Komunitas Muslim di Amerika (Ilustrasi)
Komunitas Muslim di Amerika (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MADISON -- Setelah dua dekade, perang di Afghanistan berakhir pada Senin 30 Agustus saat penerbangan terakhir AS meninggalkan negara itu. Ribuan pengungsi Afghanistan yang dievakuasi dari negaranya pun ditempatkan di Fort McCoy di Wisconsin.

 

Terkait

Data terakhir menunjukkan, 44 penerbangan telah tiba di AS selama sepekan terakhir. Sepuluh penerbangan tiba di Wisconsin pada hari Ahad setelah 11 penerbangan lainnya pada Sabtu (28/8). Masjid-masjid di Madison sudah bersiap menyambut pengungsi untuk bergabung dalam masyarakat, termasuk Islamic Center Madison.

Baca Juga

Pusat Islam tersebut adalah salah satu dari 15 organisasi di seluruh negara bagian yang membentuk Dewan Pemukiman Kembali Muslim Bersatu, sebuah kelompok yang dibentuk pada Ahad (29/8) untuk memastikan para pengungsi memiliki akses ke semua layanan yang mereka butuhkan.

"Semua orang siap membantu orang-orang ini. Setiap organisasi akan mengatakan kami akan melakukan bagian dari layanan ini," kata Presiden Islamic Center Ibrahim Saeed, dilansir dari NBC 15, Rabu (1/9).

Ini bukan pertama kalinya Saeed membantu rakyat Afghanistan. Dia mengatakan upaya ini memberinya rasa da javu. "Ini membawa kembali waktu awal ketika kami membantu Afghanistan setelah situasi Rusia," kenangnya.