Rabu 08 Sep 2021 15:42 WIB

Semarang Gencarkan Vaksinasi Bagi Siswa 12 Tahun ke Atas

Vaksinasi tersebut demi melindungi pelaksanaan PTM terbatas.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ani Nursalikah
Semarang Gencarkan Vaksinasi Bagi Siswa 12 Tahun ke Atas. Ilustrasi
Foto: Antara/Anis Efizudin
Semarang Gencarkan Vaksinasi Bagi Siswa 12 Tahun ke Atas. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, UNGARAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang terus mendorong pelaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi siswa sekolah yang berusia usia 12 tahun ke atas. Percepatan vaksinasi dengan sasaran siswa usia 12 tahun ke atas tersebut bakal dioptimalkan guna memberikan perlindungan terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan setelah sebelumnya vaksinasi bagi siswa sekolah usia 12 tahun ke atas digelar di Kecamatan Getasan, hari ini upaya percepatan vaksinasi bagi siswa dilaksanakan SMPN 2 Ungaran, Kecamatan Ungaran Timur.

Baca Juga

“Untuk vaksinasi di sekolah, kita gerakkan terus dan juga kita lakukan percepatan dengan memaksimalkan pada siswa usia 12 tahun ke atas,” ujarnya usai memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SMPN 2 Ungaran, Rabu (8/9).

Hari ini vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di SMPN 2 Ungaran dengan sasaran 600 siswa. Program vaksinasi di SMPN2 Ungaran juga masih akan dilaksanakan pada Kamis (9/9) besok dengan sasaran 500 siswa.

Sehingga program vaksinasi siswa usia 12 tahun ke atas di SMPN 2 Ungaran total mencapai 1.100 siswa. “Untuk pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh tiga tim tenaga kesehatan dari Puskesmas Leyangan,” jelasnya.

Selain di Kecamatan Ungaran Timur, vaksinasi siswa sekolah di Kabupaten Semarang sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Getasan. Ada tiga SMP yang siswanya telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan total lebih dari 1.500 orang siswa.

Kemudian, program vaksinasi di sejumlah sekolah swasta, hingga saat ini juga masih terus berlangsung. Untuk data riilnya bupati mengaku memang masih dinamis dan yang terbaru masih dalam proses pemutakhiran.

Namun, ia memastikan program vaksinasi bagi siswa usia 12 tahun ke atas terus dikebut. “Termasuk jika nanti vaksinasi di SMPN 2 Ungaran nanti kekurangan, akan diambilkan dari sekolah swasta,” katanya.

Pemkab Semarang memang akan memaksimalkan vaksinasi untuk siswa usia 12 tahun ke atas. Agar pelaksanaan PTM di sekolah tidak lagi merasa was-was, terkait dengan berbagai risiko penularan Covid-19 di lingkungan pendidikan. Sebelumnya, program percepatan vaksinasi bagi siswa usia 12 tahun ke atas di Kabupaten Semarang telah dimulai di Kecamatan Getasan, melalui program percepatan yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Total ada 1.500 dosis vaksin yang diberikan kepada siswa usia 12 tahun ke atas dari tiga sekolah dalam vaksinasi yang dipusatkan di SMPN Getasan tersebut. Selain itu, vaksinasi Covid-19 bagu usia 12 tahun ke atas juga diberika kepada 1.500 santri/siswa di lembaga pendidikan Al Mas'udiyyah, Dusun Blater, Desa Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement