Jumat 10 Sep 2021 04:06 WIB

Menara dan Perjalanan Arsitektur Islam

Struktur khas menara memperkuat arsitektur Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto:

Pada masa awal Islam, adzan, atau Athan, dilakukan di titik tertinggi masjid, dan karena orang tidak memiliki sarana teknologi untuk memperkuat jangkauan adzan, arsitektur masjid dan lokasinya sangat berpengaruh pada bagaimana suara sedang ditransmisikan ke seluruh negeri.

Terinspirasi oleh menara pengawas Yunani, yang diyakini sebagai salah satu struktur mirip menara pertama yang dibangun, pembangun mulai mendirikan struktur serupa yang berdekatan dengan masjid, memberikan muadzin platform yang lebih tinggi. Beberapa ahli percaya bahwa inspirasi di balik membangun struktur seperti menara berasal dari menara gereja kuno di Suriah.

Sepanjang sejarah, menara telah dibangun dalam berbagai bentuk dan ketinggian, mulai dari struktur persegi yang tebal hingga lereng spiral yang tipis. Di bagian bawah, menara masjid memiliki fondasi berbentuk persegi yang menempel di sudut masjid, dan ketika strukturnya naik, itu berubah menjadi serangkaian tumpukan persegi, heksagonal, oktagonal, atau melingkar dengan balkon dan relung. 

Menuju puncak, menara dibiarkan sebagai platform terbuka, atau disegel dengan kubah atau elemen seperti kerucut. Untuk lebih menonjolkan kehadiran struktural dan visualnya, bagian tertinggi menara, baik itu strukturnya sendiri atau apa yang di atasnya, banyak dihiasi dengan ukiran, cat, atau bahan reflektif.

 Masjid dapat memiliki hingga 6 menara, tergantung pada ukuran masjid dan keunggulan visualnya terhadap lingkungannya. Dalam hal akses, muadzin dapat mencapai tingkat tertinggi melalui tangga eksternal atau internal. Dalam kasus tertentu, seperti Masjid Agung Samarra di Irak, juga dikenal sebagai Malwiya, strukturnya sendiri adalah sebuah menara besar yang dikelilingi oleh jalan spiral yang dapat diakses oleh publik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement