Kamis 16 Sep 2021 04:40 WIB

Geliat Komunitas Muslim di Chili

Chili memiliki lebih dari 13 masjid dan pusat Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim Latin (ilustrasi)
Foto:

Di daerah kelas pekerja sekitar 6 mil sebelah barat Mezquita as-Salaam adalah pusat, atau dargah bagi para Sufi Naqsybandi Haqqani, sebuah tarekat Sufi global yang berasal dari Asia Tengah. Dipimpin oleh seorang syekh Chili setempat yang mendirikan cabang pertama di Chili, kelompok kecil Muslim ini terhubung dengan Tarekat Naqsybandi di seluruh Amerika, termasuk Argentina dan Amerika Serikat.

Komunitas Muslim di Chili melakukan pertemuan informal secara teratur, menyantap makanan vegetarian, dan berdzikir sholat pada hari Jumat. Mereka juga bertemu untuk menyiapkan dan mendistribusikan makanan di daerah miskin di Santiago. Bagi Naqsybandi, ini adalah dimensi kritis dari kerja etis mereka. Ini adalah salah satu cara paling penting untuk mempraktikkan prinsip-prinsip Islam tentang kasih sayang dan iman.

Iman, misalnya, adalah salah satu pendiri food drive yang mereka sebut Olla Rabbani. Setiap pekan, dia dan kaum Naqsybandi lainnya pergi ke pasar lokal untuk mengumpulkan sisa makanan yang belum terjamah dan menggunakannya untuk menyiapkan panci besar sup miju-miju untuk distribusi lokal.

Iman adalah seorang wanita yang sangat spiritual yang membangun hubungannya dengan Tuhan dalam praktik dzikir. Tetapi Iman juga menemukan hubungan dengan Tuhan melalui pekerjaannya dengan orang miskin. Baginya, seperti banyak Naqsybandi lainnya, memberi makan orang yang lapar adalah bagian dari Islam seperti halnya bentuk pengabdian lainnya.

 

Komunitas Mezquita as-Salaam dan Naqsybandi dargah hanyalah sebagian kecil dari komunitas Muslim Chili. Di Santiago dan di seluruh negeri, ada masjid dan pusat Sunni, Syiah dan Sufi lainnya dengan komunitas mereka sendiri. Beberapa adalah campuran mualaf Chili dan migran Muslim dari luar negeri. Lainnya adalah mualaf eksklusif Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement