Rabu 22 Sep 2021 18:28 WIB

 100 Tokoh Bangsa Ingatkan Pemerintah Jangan Lengah

Sebanyak 100 tokoh bangsa melakukan pertemuan bahas penanggulangan covid-19.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
 Presiden Joko Widodo mengapresiasi penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi Provinsi Banten dalam Pengarahan Kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Selasa, (21/9). Presiden berharap prestasi tetap menjadikan Provinsi Banten berhati-hati dan waspada dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.
Foto:

Untuk itu, Nurhayati menambahkan, pemerintah harus menggalang kekuatan masyarakat madani dengan melibatkan dan bekerja sama dengan organisasi atau lembaga masyarakat sebagai subyek perubahan. Pemerintah tidak arif merasa bisa mengatasi masalah sendiri tanpa melibatkan masyarakat. "Kekuatan filantropi dalam masyarakat madani merupakan modal besar yang dapat dimanfaatkan bagi penanggulangan pandemi," katanya.

Selain itu, pemerintah juga perlu mendayagunakan Teknologi Informatika dengan memanfaatkan kemampuan para profesional di tubuh bangsa dan perguruan tinggi. Sehingga, keputusan pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pendekatan Pemerintah berdasarkan data dan fakta.

Sementara itu, Din Syamsuddin menyinggung soal penanggulangan pandemi yang ditujukan untuk menciptakan kekebalan kelompok. Menurutnya, yang terjadi sekarang adalah justru kekebalan vaksinasi melalui program vaksinasi. Dia pun mempertanyakan keamanan data warga negara yang telah divaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Maka kami juga mengusulkan agar dibentuk dewan vaksin nasional yang terdiri dari berbagai elemen termasuk keagamaan untuk memastikan kehalalan dan ketahanannya, dalam hal ini jangan sampai vaksin dan vaksinasi itu membocorkan informasi warga negara dan kalangan-kalangan lain. Seharusnya ini dari awal memang," ucapnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement