Rabu 29 Sep 2021 21:01 WIB

Pemerintah Siap Dukung Integrasi Transportasi Jabodetabek

Pemerintah siap mendukung dalam proses integrasi transportasi Jabodetabek.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agung Sasongko
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kiri), Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo (ketiga kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) mengamati maket Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) dan revitalisasi Stasiun Sudirman saat menghadiri Peresmian Integrasi Transportasi Jabodetabek di Stasiun Tebet, Jakarta, Rabu (29/9/2021). Dalam peresmian tersebut dilakukan juga pencanangan kartu dan aplikasi JakLingko, pencanangan pembangunan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) dan revitalisasi Stasiun Sudirman, peresmian penataan kawasan stasiun tahap dua serta penandatanganan dokumen integrasi transportasi Jabodetabek.
Foto:

Sementara itu, Direktur Utama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek Tuhiat menjelaskan, proyek pertama yakni sistem pertiketan dan tarif integrasi dilakukan oleh PT JakLinko.

Tuhiat mengatakan JakLinko akan melakukan integrasi pertiketan dan tarif transportasi di Jabodetabek dalam tiga fase. "Saat ini JakLinko sudah menghasilkan kartu dan aplikasi yang diujicobakan secara terbatas pada Agustus 2021 di KRL, MRT, Transjakarta, dan LRT Jakarta," ungkap Tuhiat.

Tuhiat menjelaskan, pencanangan kartu dan aplikasi JakLinko menandakan selesainya fase pertama dari tiga fase kegiatan. Lalu pada fase kedua JakLinko akan menyelesaikan Mobility as a Service yang ditargetkan selesai pada Maret 2022.

Lalu fase terakhir kegiatan JakLinko yaitu  menyelesaikan account ticketing yang seluruhnya selesai pada Agustus 2022. "Maka dengan nantinya selesai proyek ini mudah-mudahan konektivitas ticketing pembayaran di Jakarta sempurna," jelas Tuhiat.

Lalu proyek kedua yaitu pembangunan jembatan penyebrangan multiguna (JPM) dan revitalisasi Stasiun Sudirman. Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) menugaskan PT MRT dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk kemudian menugaskan kepada PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek membangun JPM yang menghubungkan stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas dengan Stasiun Sudirman serta revitalisasinya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement