Jumat 01 Oct 2021 01:20 WIB

Lubna Omar, Inspirasi Wanita Muslim di Dunia Sepakbola

Lubna Omar adalah salah seorang wanita Muslim yang sukses di dunia olahraga.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Pesepakbola Muslimah (ilustrasi)
Foto:

Sekarang Omar tinggal di Vuosaari, Helsinki, dan saat ini bermain untuk klub sepakbola FC Kontu. Namun dia masih memiliki waktu untuk mengasah keterampilan gaya bebasnya, yang sangat menyenangkan ribuan pengikut Instagram dan TikToknya.

Menurut Asosiasi Sepak Bola Gaya Bebas Dunia (WFFA), tidak mungkin untuk menentukan dengan tepat bagaimana atau kapan sepak bola gaya bebas dimulai. Namun, permainan yang memiliki banyak kesamaan dengan Chinlone dan Sepak Takraw ini diyakini telah dimainkan di Asia selatan dan tenggara sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Seniman sirkus terkenal di dunia, Enrico Rastelli dan Francis Brunn, juga dikenal karena menampilkan sepak bola sebagai bagian dari aksi mereka selama awal abad terakhir, termasuk trik yang sekarang dikenal sebagai 'Neck Stall' dan 'Around The World' . 

Namun, terobosan nyata olahraga tersebut terjadi pada 1990-an, ketika ikon sepak bola Brasil Ronaldinho menunjukkan keterampilan juggling sepak bola bersama pelopor gaya bebas Mr Woo dalam iklan TV untuk raksasa peralatan olahraga AS Nike.

Pada sekitar waktu yang sama, banyak freestyler jalanan yang mulai memposting video mereka ke internet, dan semakin banyak anak muda yang tertarik dengan olahraga ini. Munculnya media sosial telah membawa eksposur dan popularitas olahraga ke tingkat yang sama sekali baru. 

 

Omar berharap kisahnya akan memotivasi orang lain dan menunjukkan kepada semua orang bahwa mereka dapat bermain olahraga, tanpa memandang agama atau jenis kelamin. "Jika motivasinya benar, tidak ada yang bisa menghalangi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement