Jumat 08 Oct 2021 02:18 WIB

Sara Duterte Prakarsai Unit Madrasah Bantu Anak-Anak Muslim

Sara Duterte-Carpio, membentuk Madrasah Comprehensive Development and Promotion Unit.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte-Carpio (berbaju merah muda, kanan).
Foto: EPA
Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte-Carpio (berbaju merah muda, kanan).

IHRAM.CO.ID, DAVAO CITY – Walikota Davao, Sara Duterte-Carpio, membentuk Madrasah Comprehensive Development and Promotion Unit (MCDPU) melalui Executive Order (EO) Nomor 53 Seri Tahun 2021 yang ditandatangani pada 1 Oktober. Unit tersebut akan segera dijalankan secara efektif.

Unit tersebut dibentuk untuk mewujudkan unit pembinaan madrasah menyeluruh di bawah kantor walikota termasuk mewujudkan struktur organisasi dan fungsinya. MCDPU mengemban amanat untuk mendidik anak-anak Muslim dengan nilai-nilai sejati seperti sejarah, bahasa Arab, membaca, ilmu pengetahuan dan ajaran Islam untuk menjadi warga negara yang taat hukum yang berkontribusi pada pembangunan sosial dan moral.

Baca Juga

Hal itu juga untuk merumuskan rencana dan program pertumbuhan pendidikan Madrasah di Davao City, dan mengawasi pelaksanaan Program Madrasah di Davao City. Tanggung jawab lainnya termasuk mempelopori program penjangkauan masyarakat, memprakarsai dan mengembangkan program untuk mempromosikan Idul Fitri atau Festival Islam, dan mengembangkan prestasi unik berbagai suku Muslim di Kota Davao.

Selain itu juga juga untuk membantu konstituen Muslim di Kota Davao dan mempromosikan Kota Davao sebagai kota yang damai di mana semua budaya dan agama hidup berdampingan secara damai. "Sangat penting bahwa akan ada pelembagaan pengembangan madrasah di kota," kata Walikota Sara, dilansir dari laman MB, Kamis (7/10).

Pembangunan Madrasah selama ini terhambat sehingga mengharuskan adanya dukungan dari Pemerintah Kota Davao untuk membantu memberikan bantuan pendidikan yang memadai. MCDPU sebelumnya dibuat untuk melayani sebagai lembaga utama dalam memberikan layanan dasar pemerintah di komunitas Muslim di Kota Davao, terutama dalam memberikan kesempatan pendidikan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement